7 Obat Herbal Alami Untuk Mengatasi Flu

7 Obat Herbal Alami Untuk Mengatasi Flu

Ketika musim hujan datang, akan muncul efek yang tidak bisa dihindari. Salah satu diantaranya yaitu penyakit flu. Jika ada salah satu anggota keluarga anda yang sedang terserang flu maka tidak perlu buru-buru memberikannya obat batuk kimia. Anda bisa mencoba obat herbal alami yang sudah terbukti dapat menyembuhkan flu tanpa efek samping. Nah, berikut daftar 7 Obat alami yang dapat menyembuhkan sakit flu:

7 Obat Herbal Alami Untuk Mengatasi Flu

1. MADU

Didalam madu terkandung zat anti mikroba, anti bakteri serta anti oksidan yang sanggup untuk membasmi virus, bakteri, jamur yang menyebabkan penyakit influenza. Madu juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Meskipun madu sangat ampuh, namun herbal ini tidak bisa diberikan kepada anak yang berusia dibawah 1 tahun. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, disarankan untuk membeli di distributor madu asli yang terpercaya saja. Karena madu asli harga cukup mahal tergantung dari jenis lebah serta nektarnya.

2. JAHE

Salah satu keunggulan lain jahe tidak hanya bagus untuk bumbu dapur namun juga sebagai obat alami yang cukup efektif dalam mengobati flu. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia yang disebabkan oleh perubahan cuaca, kelelahan, kurang tidur atau ketika sistem imunitas sedang menurun. Jahe dapat membuat tubuh tetap hangat serta melancarkan pernafasan.

3. BAWANG PUTIH

Apakah anda pernah berpikir bagaimana mencegah pilek supaya tidak cepat sembuh serta tidak menimbulkan komplikasi penyakit lainya? Ada cara sederhana untuk mencegah timbulnya pilek yaitu dengan menambahkan bawang putih kedalam masakan sehari-hari sehingga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, maka penyakit flu dapat dicegah. Sebenarnya menyebut bawang putih sebagai obat merupakan hal yang berlebihan karena pada dasarnya, umbi-umbian ini hanyalah sebuah supplemen yang mengandung banyak zat bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas.

4. PAPERMINT

Mungkin anda pernah mendengar tanaman yang bernama papermint. Daun dan Minyak tanaman ini sering digunnakan sebagai obat alami untuk mengatasi batuk, radang, pilek, infeksi sinus dan beberapa gangguan pernafasan. Tanaman ini juga dipakai untuk mengobati beberapa masalah pencernaan seperti mulas, mual, muntah, morning sickness, beberapa gangguan saluran empedu, sakit perut, diare, menekan pertumbuhan bakteri jahat di usus, dan lain-lain.

5. AIR GARAM

Laruta garam bisa digunakan untuk mencuci lender sekaligus meredakan alergen. Sebagian ilmuwan percaya jika mencuci hidung menggunakan air yang dapat membantu meredakan gejala pada penderita sinusitis baik kronis ataupun akut, pilek, hidung tersumbat, dan hidung berair. Cara ini relatif aman untuk anak-anak dan dewasa.

6. ELDERBERRY

Jenis berry ini memang tidak terkenal seperti strawberry, blueberry maupun raspberry. Elderberry merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat. Buah ini berasal dari pohon elder yanng cukup efektif untuk mengobati flu dan pilek. Didalam buah kecil ini terkandung vitamin A, B, C flavonoid serta asam amino. Elderberry juga sering diguakan sebagai penurun kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan jantung serta untuk beberapa gejala flu.

7. LADA

Eksitensi lada sudah ada sejak lama, bahkan menjadi salah satu komoditas perdagangan dunia dimana 80% hasil panen lada Indonesia di jual ke Negara Lainnya. Berdasarkan beberapa litelatur di internet, lada dapat menyembuhkan gejala flu karena memiliki sifat pahit, pedas, hangat serta atipiretik. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lada juga sering dijadikan bumbu dapur. Cara mengobati flu menggunakan lada cukup mudah yaitu hanya dengan menambahkan lada hitam asli kedalam makanan yang hangat.