3 Tips Menjaga Knalpot Nobi agar Tetap Awet

Tips Menjaga Knalpot Nobi

Seperti komponen lainnya, knalpot juga perlu dirawat supaya kondisinya tetap prima. Terutama knalpot adalah komponen yang erat hubungannya dengan performa kendaraan. Oleh sebab itu akan jauh lebih baik, apabila kondisi knalpot selalu terawat sehingga performa kendaraan anda pun tetap bagus.
Terutama untuk kamu yang sudah memakai knalpot racing buatan Nobi. Performa knalpot buatan produsen lokal ini akan selalu optimal, apabila kamu rajin merawatnya dengan tiga tips ini. Berikut metode yang dapat kamu lakukan:

Tips Menjaga Knalpot Nobi

1. Jaga selalu bersih

Baik knalpot standar ataupun yang racing, tentunya gampang kotor. Terutama jika menemui jalanan basah, berlumpur serta berdebu.
Kotoran yang ada di knalpot paling sering menempel pada pipa. Apabila dibiarkan, kotoran tersebut dapat menyebabkan karat. Dalam kondisi yang lebih parah lagi, karat tersebut akan menyebabkan kebocoran di knalpot. Performa motor pun akan ikut menurun, lkarena gas buang tidak terlepas dengan sempurna dari ujung knalpot.
Guna mencegah hal ini, maka bersihkanlah bagian knalpot. Apalagi jika pengendara sudah melalui jalanan yang berlumpur. Cukup dengan menyemprot kotoran yang menempel dengan air supaya tidak menyebabkan korosi.
Jangan sampai lupa untuk melakukan penyemprotan air saat knalpot sudah dalam kondisi dingin. Apabila masih panas, ditakutkan dapat membuatt warna knalpot berubah bahkan hingga keretakan.

2. Hindari dari benturan yang mengakibatkan penyok

Selain dengan menjaga knalpot untuk tetap bersih, kamu pemakai knalpot racing nobi sebaiknya lebih berhati-hati saat berada di jalan. Karena insiden kecil juga dapat membuat knalpot Nobi menjadi menurun performanya.
Khususnya apabila insiden tersebut sampai mengakibatkan knalpot Nobi milikmu mengalami penyok. Selain performanya akan berkurang, knalpot yang penyok tentunya juga dapat menyebabkan tampilannya tidak enak dipandang.
Kamu juga tidak dapat memperbaiki knalpot Nobi yang sudah mengalami penyok. Sehingga satu-satunya metode untuk mengembalikan ke kondisi seperti semula yaitu membeli knalpot baru. Namun terlepas dari soal jual knalpot mobil dan motor, meningkatkan kewaspadaan di jalan itu hukumnya wajib sebab memiliki tujuan untuk menjaga keselamatan anda.

3. Ganti glasswool bila dibutuhkan

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga knalpot Nobi supaya selalu awet, yaitu mengganti glasswool. Komponen ini memiliki pengaruh besar pada suara yang dikeluarkan oleh knalpot.
Glasswool yang telah sangat lama digunakan dapat berdampak pada suara yang tidak enak didengar. Selain itu, juga dapat memberi pengaruh pada menurunnya peforma. Dengan mengganti dengan  glasswool, performa knalpot Nobi kamu dapat kembali seperti semula. Begitu juga dengan suara khasnya.
Akan tetapi cara penggantian glasswool pada knalpot memang cukup sulit. Kamu dianjurkan meminta bantuan ke bengkel knalpot yang sudah berpengalaman sebab ada bagian yang perlu dibuka memakai alat khusus. Langkah selanjutnya yaitu mengeluarkan glasswool yang lama yang kemudian diganti dengan yang baru.
Untuk informasi tambahan, Nobi adalah knalpot bikinan lokal. Bahkan dapat dikatakan Nobi adalah keturunan langsung dari knalpot racing R9. perbedaanya, jika knalpot R9 mengincar kalangan menengah ke atas, maka lain halnya dengan knalpot racing Nobi digarap untuk menggarap kelas menengah ke bawah.
Walaupu begitu, knalpot racing Nobi dan R9 tidak dibuat pada pabrik yang sama. Akan tetapi pengalaman R9 yang dapat meracik knalpot-knalpot kelas wahid secara tidak langsung juga memberi pengaruh terhadap kualitas knalpot Nobi.
Dikarenakan menargetkan segmen yang berbeda, material yang dipakai knalpot racing Nobi memiliki kualitas sedikit di bawah R9. Akan tetapi demikian tentang kualitasnya knalpot racing Nobi bisa dikatakan cukup bisa diandalkan.